Jaringan Indosat Layani Pelanggan dengan Prima saat
Perayaan Natal 2012
Jakarta, 26
Desember 2012 – Jaringan Indosat berhasil melayani pelanggan dengan
baik selama perayaan Natal 25 Desember 2012, walaupun pada masa-masa tersebut
terjadi kenaikan trafik baik untuk layanan suara, data dan SMS. Keberhasilan
ini tidak terlepas dari kesiapan jaringan Indosat yang telah dilakukan melalui
peningkatan kapasitas dan kualitas jaringannya untuk mengantisipasi kenaikan
trafik selama masa-masa perayaan
tersebut.
“Kami bersyukur dapat melewati masa-masa
kenaikan trafik dengan baik selama perayaan Natal. Indosat berkomitmen untuk selalu menghadirkan kualitas layanan
terbaik bagi kenyamanan berkomunikasi pelanggan dimana pun dan kapan pun,
termasuk saat mereka beraktifitas pada momen tertentu seperti perayaan Natal
dan liburan Tahun Baru. Melihat dari pengalaman tahun-tahun sebelumnya, tahun
ini kami menyiapkan kapasitas jaringan sesuai dengan perkiraan kebutuhan dan
lonjakan trafik yang akan terjadi,” demikian disampaikan Adrian Prasanto,
Division Head Public Relations Indosat.
Kenaikan trafik telekomunikasi sudah mulai
terjadi dari H-2 perayaan Natal yaitu tanggal 23 Desember 2012 hingga pada saat
Hari Natal 25 Desember 2012. Khusus untuk hari H Natal tanggal 25 Desember 2012, trafik suara Indosat
secara nasional mengalami peningkatan menjadi sekitar 428,46 juta menit atau naik
sekitar 11,24% dibandingkan
dengan trafik suara reguler atau hari biasa. Trafik SMS di hari H Natal
meningkat menjadi sekitar 897,46 juta SMS, atau
naik 12.80% dibandingkan
trafik SMS pada hari biasa. Sedangkan trafik data di
hari H meningkat menjadi sekitar 55.63 TeraByte/day, atau naik 21.71% dibandingkan trafik hari biasa.
Sementara itu, dari keseluruhan kenaikan
trafik menjelang dan selama hari H Natal, kenaikan trafik suara tertinggi
terjadi pada hari H Natal, 25 Desember 2012 yaitu meningkat sebesar 11.24%. Kenaikan trafik
layanan SMS tertinggi juga terjadi pada
hari H Natal, 25 Desember 2012 sebesar 12.80% dan kenaikan
trafik data tertinggi terjadi pada hari H-2, 23 Desember 2012 naik sebesar 59.94%. Semuanya dibandingkan dengan
trafik reguler hari biasa.
Trafik peningkatan layanan suara, SMS dan
data saat hari Natal 25 Desember 2012 dibanding hari biasa, dapat dilihat dalam
tabel di bawah ini :
Hari
|
Peningkatan
Suara
|
Peningkatan
Data
|
Peningkatan
SMS
|
25 Des 2012
|
11.24%
|
21.71%
|
12.80%
|
Total
Traffic
25 Des 2012
|
428.46 juta menit
|
55.63 TeraByte
|
897,46 juta
|
Sebelumnya Indosat telah melakukan peningkatan kapasitas jaringannya
secara nasional, dimana kapasitas trafik suara disiapkan sebesar 924 juta menit/hari atau meningkat sekitar 140% dibanding trafik regular hari biasa. Untuk SMS,
Indosat kapasitas disediakan sebesar 1,4 Milyar
SMS/hari atau meningkat sekitar 76% dibanding
trafik regular hari biasa. Sementara untuk data, Indosat meningkatkan kapasitas
menjadi 120 Terabyte/hari, atau meningkat sebesar 162% dibanding trafik regular hari biasa.
Kesiapan jaringan Indosat juga didukung dengan pemantauan
stabilitas dan kualitas jaringannya secara nasional melalui fasilitas Single
Network Operation Center (SNOC) yang berada di Serpong, Tangerang – Banten.
SNOC menjadi pusat pemantauan jaringan terintegrasi untuk seluruh layanan
Indosat baik seluler, SLI dan jaringan transmisi. Setiap kemungkinan gangguan
jaringan dan sinyal yang terjadi seluruh di wilayah Indonesia akan terpantau
dengan cermat dari SNOC untuk selanjutnya dieskalasi dan diselesaikan dengan
cepat sehingga pelanggan tidak terganggu dalam menggunakan layanan Indosat.
Sementara khusus tanggal 24-25 Desember 2012 saat perayaan
Natal 2012 dan tanggal 31 Des-1 Januari 2013, pemantauan jaringan secara lebih
intensif juga dilakukan melalui Command
Centre yang berfungsi sebagai bagian dari pusat pengontrolan seluruh jaringan
Indosat. Command Centre beroperasi 24 jam penuh memantau dan mengontrol
performansi jaringan Lebaran selama musim mudik secara nasional, sehingga
setiap gangguan sekecil apapun langsung terpantau dan tertangani dengan cepat
serta terintegrasi.
Tentang Indosat
Indosat adalah operator penyelenggara telekomunikasi dan informasi
terkemuka di Indonesia yang memberikan layanan jasa selular, fixed line, komunikasi data dan internet. Di
akhir 2011, perusahaan memiliki lebih dari 50 juta pelanggan seluler melalui berbagai
merek layanan antara lain Indosat Mobile, IM3, Mentari dan Indosat Internet.
Indosat mengoperasikan layanan SLI melalui kode akses 001, 008 dan
Flatcall 01016. Perusahaan juga menawarkan layanan solusi korporat yang
didukung oleh jaringan telekomunikasi terintegrasi di seluruh Indonesia.
Indosat adalah anak perusahaan dari Qtel Group. Saham Indosat tercatat di Bursa Efek Indonesia (IDX:ISAT) dan
saham dalam bentuk American Depositary Shares tercatat di Bursa Efek New York
(NYSE:IIT).
Untuk keterangan lebih lanjut hubungi
Public Relations Division
PT Indosat Tbk
Telp : 62-21-30442614 / Fax : 62-21-30003754
E-mail : publicrelations@indosat.com
Website : www.indosat.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar