Senin, 30 September 2013

Delegasi Indonesia Berbagi Pengalaman di Forum Internasional Global Youth Summit “BYND 2015”.

Delegasi Indonesia Berbagi Pengalaman di Forum Internasional Global Youth Summit BYND 2015




Jakarta, 29 September 2013 – Mendukung pengembangan generasi muda Indonesia, Indosat bersama dengan induk perusahaannya Ooredoo, mengirimkan delegasi muda Indonesia  dalam forum Global Youth Summit BNYD 2015 di Costa Rica pada September 2013 ini. Delegasi muda yang beruntung dikirim ke ajang internasional tersebut masing-masing adalah technopreneur muda sekaligus pemenang Indosat Wireless Innovation Contest (IWIC), Andry Soeprapto dan pengajar muda inspiratif dari program Indonesia Mengajar, Hety Apriliastuti Nurcahyarini.

The Global Youth Summit adalah event berskala internasional yang diselenggarakan oleh International Telecommunications Union (ITU), sebuah lembaga dibawah PBB yang membidangi sektor telekomunikasi global. Summit yang diikuti lebih dari 300 generasi muda seluruh dunia ini memberi kesempatan sebesar-besarnya kepada para generasi muda untuk berkontribusi menciptakan solusi melalui pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi.

“Menghadiri Global Youth Summit BYND 2015 merupakan pengalaman yang luar biasa. Disini kami berkumpul bersama delegasi-delegasi dari seluruh dunia untuk berbagi pengalaman dan menuangkan ide untuk pemanfaatan teknologi di Negara kami masing-masing, baik bersama para nara sumber maupun dengan para delegasi. Saya belajar dari para delegasi dari berbagai negara bahwa anak muda harus bisa independen. Kebanyakan yang terjadi sekarang, anak muda adalah followers dan groupies. Padahal yang diharapkan sekarang adalah anak muda yang berani sebagai trend setter dan pelopor perubahan”, terang Hety menceritakan pengalamannya selama mengikuti ajang tersebut.

“Disini kami berdua mendapatkan banyak pengalaman, berbagi ide bersama rekan-rekan lain dari seluruh dunia, dipandu oleh pakar-pakar internasional di bidang IT. Saya sendiri mendapat kesempatan untuk bergabung bersama para delegasi lainnya di sesi Hakathon, yaitu sesi untuk para pengembang aplikasi yang bekerjasama secara tim untuk merancang dan membangun aplikasi inovatif yang dapat digunakan untuk peningkatan kualitas hidup masyarakat secara luas”, tambah Andry.  

Andry sendiri adalah technopreneur dalam industri mobile aplikasi di Indonesia. Ia memenangkan Indosat Wireless Innovation Contest (IWIC) dua kali pada tahun 2009 dan 2010 untuk kategori Android. Andry juga sudah mendirikan sebuah perusahaan startup bernama I-MOOV. Perusahaannya juga menciptakan content dan aplikasi social network.
IWIC (Indosat Wireless Innovation Contest) merupakan sebuah ajang kompetisi inovasi digital bagi generasi muda Indonesia, sebagai bagian dari Program Inovasi Indosat, yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan dalam pengembangan aplikasi selular oleh generasi muda bangsa serta berkesempatan mengembangkan bisnis sendiri.  Tahun ini sebagai tahun ke-7 penyelenggaraan, IWIC mengusung tema “Digital Innovation and Enterpreneurship for Stronger Indonesia”. Saat ini masih dalam periode pengumpulan karya inovasi, direncanakan proses penjurian dan pengumuman IWIC ke-7 tahun ini pada bulan Nopember yang akan datang.

Sementara itu, Hety adalah Pengajar Muda dalam Program Indonesia Mengajar. Sebuah program yang merekrut, melatih, dan mengirim anak muda terbaik terbaik bangsa ke daerah terpencil di berbagai wilayah di Indonesia sebagai guru sekolah dasar. Hety juga bekerja sebagai kontributor di Komik Sains Kuark dan fasilitator dalam Olimpiade Sains Competition 2013. Indosat menjadi mitra dalam program Indonesia Mengajar. Partisipasi ini merupakan bagian dari program CSR Indosat yang berfokus pada pendidikan di bawah payung Indonesia Belajar.

“Indosat sebagai bagian dari Ooredoo sangat gembira dapat mengirimkan kedua delegasi ini ke ajang bergengsi The Global Youth Summit. Di forum tersebut, kedua anak muda ini dapat menunjukkan eksistensi mereka sebagai generasi muda Indonesia yang turut berperan aktif dalam pengembangan dan pemanfaatan teknologi informasi untuk mendukung peningkatan kualitas kehidupan masyarakat, baik di bidang pendidikan, pemberdayaan perempuan, kesehatan dan kesempatan kerja serta kewirausahaan bagi generasi muda”, demikian disampaikan Alexander Rusli, President Director & CEO Indosat.

Ajang Summit tersebut dihadiri oleh 500 delegasi muda dari seluruh dunia, bersama dengan sejumlah mantan para peserta Summit sebelumnya. Di bawah tema "BYND 2015", Global Youth Summit 2013 menghadirkan platform bagi generasi muda untuk dimasukkan dalam keputusan abad ke-21 yang paling penting.


Tentang Indosat
Indosat adalah operator penyelenggara telekomunikasi dan informasi terkemuka di Indonesia yang memberikan layanan telepon selular, telepon tetap,komunikasi data dan internet (MIDI). Di semester pertama tahun 2013, perusahaan memiliki  56,5 juta pelanggan selular melalui berbagai merek antara lain, IM3, Mentari dan Matrix. Indosat mengoperasikan layanan sambungan langsung internasional (SLI) melalui kode akses 001, 008 dan Flatcall 01016. Perusahaan juga menawarkan layanan solusi korporat yang didukung oleh jaringan telekomunikasi terintegrasi di seluruh Indonesia serta jasa layanan satelit melaluisatelit PALAPA-C2 dan PALAPA-D. Indosat adalah anak perusahaan dari Grup Ooredoo (sebelumnya lebih dikenal dengan Qtel Group). Saham Indosat tercatat di Bursa Efek Indonesia (IDX:ISAT).

Untuk keterangan lebih lanjut hubungi:
Public Relations Division
PT Indosat Tbk
Telp : 62-21-30442614
Fax  : 62-21-30003754

Website : www.indosat.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar