Rabu, 22 September 2010

Indosat Luncurkan Fitur Baru Pertama di Dunia


Jakarta, 14 Juli 2010 – PT Indosat Tbk (Indosat) bekerja sama dengan anak perusahaannya IM2, hari ini meluncurkan i-klan Store, yaitu portal mobile & internet advertising swalayan (self service) pertama di dunia yang dapat digunakan oleh siapapun, baik agency, pemasang iklan maupun pelanggan untuk melakukan segala transaksi beriklan secara online melalui akses via ponsel ke www.indosat.com/i-klan atau http://www.iklanstore.net. Berbagai transaksi melalui i-klan Store ini antara lain memilih inventory (kelompok yang akan disasar pemasang iklan), memilih kanal i-klan yang akan digunakan untuk pengiriman content i-klan, melakukan kampanye iklan, melakukan transaksi pembayaran, hingga mengikuti tender, mengecek informasi, menerima laporan secara online dan sebagainya. Bekerjasama dengan IM2, Indosat meluncurkan layanan ini di arena Indonesia Cellular Show (ICS), di Jakarta Convention Center, Jakarta.

Indosat telah memelopori diluncurkannya layanan i-klan ini di Indonesia yaitu mobile & internet advertising channel atau media beriklan melalui ponsel serta PC/Notebook, sebagai alternatif dari media beriklan konvensional seperti cetak, radio atau televisi.Media beriklan melalui ponsel atau mobile advertising di beberapa negara saat ini sudah mulai digemari, karena lebih praktis dan tepat sasaran. Iklan langsung dikirimkan ke ponsel penerima sesuai dengan target market pemasang iklan. Pemasang iklan pun bisa memilih iklan yang akan dikirimkan ke pelanggan yang ada di suatu wilayah tertentu, dengan target umur, pendidikan atau jenis kelamin tertentu.

“Dengan adanya i-klan Store, baik agency, pemasang atau calon pemasang iklan, maupun pelanggan bisa memperoleh informasi dan melakukan semua transaksi berkaitan dengan i-klan secara online secara lebih praktis dan efisien. Layanan ini merupakan wujud dari upaya Indosat untuk mempertahankan posisi sebagai yang terdepan dalam inovasi layanan selular dan akan memperkaya layanan Indosat yang telah ada.” ujar Teguh Prasetya, Group Head Value Added Service Marketing Indosat.

Selain meluncurkan i-klan Store, Indosat juga menambah kanal i-klan untuk melengkapi media delivery channel mobile advertising yang telah dimiliki sebelumnya, yaitu text messaging (SMS). Tambahan media channel delivery yang baru adalah MMS, WAP banner dan icon, insertion text on UMB, USSD dan UMB Push, ring back tone dengan iklan, paket perdana khusus i-klan, dan Utones (pop up tampilan gambar iklan dalam format GIF animation yang muncul di layar ponsel pelanggan setiap kali ada pesan atau panggilan telepon masuk). Selain itu, channel delivery i-klan yang terbaru adalah game/application wrapped ads (games/aplikasi tak berbayar yang bisa diunduh melalui http://indosat.24mas.com yang juga sudah tersedia pada beberapa handset bundling Indosat dengan mitra). Sedangkan kanal media yang tersedia di i-klan Store adalah Messaging Advertising (MMS, SMS,UMB, USSD), Voice Application (RBT), Mobile Application (Pop-screen, Java Appl.) dan Banner (WAP dan WEB).

Saat ini, pelanggan Indosat yang berlangganan i-klan mencapai 1,5 juta, sedangkan pelanggan yang mengakses namun tidak berlangganan i-klan berjumlah sekitar 16 juta. Keuntungan yang diterima pelanggan dengan berlangganan i-klan adalah mendapat poin apabila iklan muncul di layar ponsel pelanggan. Poin yang diberikan kepada pelanggan atas penerimaan iklan bernilai sebesar 50 rupiah yang dapat diakumulasikan dan ditukar dengan pulsa Indosat dan merchant. Pelanggan dapat mengecek poin yang telah didapat dengan menggunakan ponsel sendiri atau orang lain, cukup dengan memasukkan nomor ponsel serta password pelanggan. Dengan adanya i-klan Store, pelanggan juga dapat mengecek poinnya secara online melalui portal i-klan Store tersebut.

Bagi pemasang iklan, keuntungan yang diperoleh dengan memasang iklan melalui i-klan ini adalah efektivitas dan efisiensi beriklan, karena pemasang iklan dapat memilih sasaran iklan sesuai dengan yang diinginkan. Indosat menyediakan data base (inventory) pelanggan i-klan yang telah tersegmentasi berdasarkan geografis, demografis maupun psikografis dan perilaku. Hingga saat ini, lebih dari 40 perusahaan besar telah memasang iklannya melalui i-klan. Dengan adanya i-klan Store, calon pemasang iklan lebih mudah lagi dalam melakukan pemilihan inventory tersebut. Transaksi pembayaran pun dapat dilakukan di i-klan Store, melalui alat pembayaran yang bisa dipilih, yaitu kartu kredit, paypal, debet rekening, iPay dari IM2, dan Dompetku (pembayaran dengan pulsa Indosat).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar