Senin, 08 Juli 2013

Indosat Mempersiapkan Peluncuran Satelit PALAPA-E

Jalin Kerjasama Dengan Orbital Sciences Corporation
INDOSAT  MEMPERSIAPKAN PELUNCURAN  SATELIT PALAPA-E
DI SLOT ORBIT 150.5° BT


Jakarta, 5 Mei 2013 – PT Indosat Tbk menjalin kerjasama dengan Orbital Sciences Corporation (NYSE: ORB) dari Amerika Serikat, untuk proses desain, produksi dan peluncuran satelit yang dinamakan PALAPA-E, yang direncanakan mengorbit di slot 150.5° Bujur Timur (BT) di tahun 2016. Kerjasama ini merupakan komitmen Indosat sebagai operator telekomunikasi terintegrasi terkemuka di Indonesia untuk terus melayani berbagai kebutuhan telekomunikasi bagi masyarakat termasuk layanan sewa transponder satelit. Saat ini Indosat mengoperasikan Satelit PALAPA-C2 di slot 150.5° BT dan Satelit PALAPA-D di slot 113° BT melalui stasiun bumi nya di Jatiluhur, Jawa Barat. 

“Rencana peluncuran satelit yang akan ditempatkan di slot orbit 150.5° BT adalah untuk melayani keberlangsungan kebutuhan masyarakat atas layanan telekomunikasi serta mendukung Pemerintah dalam mempertahankan aset negara Republik Indonesia terkait slot orbit 150.5° BT. Indosat telah berpengalaman menyediakan  layanan telekomunikasi melalui jaringan satelit  sejak tahun 1967 dan saat ini jaringan satelit Indosat telah mencakup wilayah Indonesia, ASEAN, Asia Pasifik, Timur Tengah dan Australia,” demikian disampaikan Alexander Rusli, President Director & CEO Indosat.

“Kami siap mendukung Indosat sebagai pelanggan kami, dalam proyek yang penting bagi Indonesia ini. Kami yakin bahwa satelit GEOStar-2 dari  Orbital adalah solusi yang optimal guna memenuhi kebutuhan satelit Indosat,” demikian disampaikan Mr. Mike Larkin, Executive Vice President and General Manager, Satellites and Space Systems Group, Orbital Sciences Corporation.

Satelit PALAPA-E, akan memiliki kapasitas yang terdiri dari  transponder  C-band standard & extended serta transponder Ku-band (opsional). Satelit tersebut nantinya akan meng-cover wilayah Indonesia, ASEAN dan Regional Asia Pasifik. Satelit ini juga akan menjadi bagian dari jaringan backbone untuk mendukung seluruh layanan Indosat, baik layanan seluler, telekomunikasi tetap, maupun data tetap.

Orbital Sciences Corporation
Orbital merupakan salah satu perusahaan teknologi luar angkasa terkemuka di dunia, dan merupakan pemimpin pasar dalam desain dan produksi sistem komunikasi satelit geostasioner kelas kecil dan menengah. Orbital telah memiliki pengalaman lebih dari 31 tahun dalam melayani kebutuhan dunia akan sistem luar angkasa yang terjangkau dan handal, baik untuk pasar komersial, pemerintahan dan  pertahanan. Orbital telah mendesain dan memproduksi sekitar 150 satelit dan telah melewati lebih dari 1.000 tahun pengalaman in-orbit, suatu pencapaian yang hanya berhasil diraih oleh 3 perusahaan lain di dunia.
Layanan Satelit Indosat
Saat ini slot 150.5° BT ditempati oleh  satelit PALAPA-C2 yang diluncurkan tahun 1996.  Sementara itu satelit PALAPA-D yang menempati slot 113° BT, diluncurkan pada tanggal 31 Agustus 2009 dari Xichang, China.

Layanan Satelit yang disediakan Indosat antara lain adalah Transponder Lease sebagai basic service untuk memenuhi kebutuhan konektifitas korporasi dan pemerintahan  (seperti untuk jaringan e-KTP, ISP, dan lain-lain melalui jaringan VSAT), serta DigiBouquet dan Telecast Service untuk memenuhi kebutuhan pelanggan akan layanan  broadcasting. Saat ini satelit PALAPA-D di lokasi orbit 113° BT telah menyiarkan 55 channel TV dan 5 channel radio free-to-air (tidak berbayar) dari dalam maupun luar negeri termasuk di dalamnya sebagian besar TV-TV nasional dan dinikmati oleh sekitar 15 juta pesawat penerima (TVRO) di wilayah Indonesia. Satelit PALAPA-D juga menjadi andalan  sarana penyiaran bagi 3 operator TV berbayar nasional dengan jumlah total channel berbayar sebanyak 200 channel. 

Adapun layanan Telecast Service digunakan untuk melayani berbagai macam kebutuhan siaran acara-acara tertentu seperti siaran langsung Liga Super Indonesia, Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN dan PBB, SEA Games, dan lain-lain.  Indosat Grup  memanfaatkan Satelit PALAPA-D dan PALAPA-C2 sebagai bagian dari jaringan backbone untuk mendukung seluruh layanan Indosat Grup, baik layanan seluler, telekomunikasi tetap, maupun data tetap dan juga anak perusahaan

Kilas Balik Satelit Indosat

Tahun
Satelit
Cakupan

1967-1996

Memanfaatkan Satelit Intelsat dan mengoperasikan Stasiun Bumi Jatiluhur, untuk melayani telekomunikasi internasional bagi masyarakat Indonesia.
Tahun 1969 Presiden Soeharto meresmikan Stasiun Bumi Jatiluhur.  

Global

1996-sekarang

Meluncurkan Satelit PALAPA-C2 dan mengoperasikan satelit tsb untuk melayani kebutuhan sewa transponder satelit, layanan seluler, telepon tetap dan data tetap
Indonesia, ASEAN, Asia Timur, Timur Tengah





Tahun
Satelit
Cakupan
2009-sekarang
Meluncurkan Satelit PALAPA-D dan mengoperasikan satelit tsb untuk melayani kebutuhan sewa transponder satelit, layanan seluler, telepon tetap dan data tetap
Indonesia, ASEAN, ASIA, Timur Tengah, dan Australia
2013-2016
2013 persiapan Satelit PALAPA-E didisain, produksi, serta rencana peluncuran di tahun 2016 
Indonesia, ASEAN, Regional Asia Pasifik

Tentang Indosat
Indosat adalah operator penyelenggara telekomunikasi dan informasi terkemuka di Indonesia yang memberikan layanan jasa selular, fixed line, komunikasi data dan internet. Di akhir tahun 2012, perusahaan memiliki 58,5 juta pelanggan seluler melalui berbagai merek layanan antara lain, IM3, Mentari dan Matrix. Indosat mengoperasikan layanan SLI melalui kode akses 001, 008 dan Flatcall 01016. Perusahaan juga menawarkan layanan solusi korporat yang didukung oleh jaringan telekomunikasi terintegrasi di seluruh Indonesia serta jasa layanan satelit melalui satelit PALAPA-C2 dan PALAPA-D. Indosat adalah anak perusahaan dari Ooredoo. Saham Indosat tercatat di Bursa Efek Indonesia (IDX:ISAT) dan saham dalam bentuk American Depositary Shares tercatat di Bursa Efek New York (NYSE:IIT).

Untuk keterangan lebih lanjut hubungi
Public Relations Division
PT Indosat Tbk
Telp : 62-21-30442614
Fax  : 62-21-30003754

Website : www.indosat.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar